Cara Mengatasi Sembelit Saat Puasa

Cara Mengatasi Sembelit Saat Puasa

Susah buang air besar ketika menjalankan ibadah puasa memang sering kali menjadi masalah yang banyak dialami oleh setiap orang khususnya bagi mereka yang menjalankan puasa. Hal itu dikarenakan oleh kondisi tubuh dan usus mengalami kekurangan cairan sehingga kotoran dalam usus menjadi susah untuk keluar. Kondisi tersebut memang harus segera Anda tangani, jika tidak maka akan berdampak buruk bagi kesehatan yang lainnya.

Cara mengatasi konstipasi saat berpuasa Yaitu : 

  • Mengurangi minuman dan makanan berkafein

Cara mengatasi sembelit yang pertama adalah dengan cara mengurangi makanan dan minuman yang kaya akan kafein. Kafein yang Anda konsumsi dapat meningkatkan proses metabolisme dalam tubuh. Sehingga ini akan mengakibatkan sisa metabolisme dalam tubuh semakin meningkat. Tak hanya itu saja, zat tersebut juga dapat merangsang syaraf otak yang menyebabkan otak akan selalu terpacu untuk bekerja.

  • Perbanyak minum air putih

Cara yang kedua adalah dengan cara minum air putih. Dalam sehari pastikan Anda minum air putih 2 liter mulai dari saat berbuka, malam hari dan saat sahur. Air yang Anda minum merupakan sebuah pertahanan tubuh dalam setiap harinya. Minum air putih sesuai takarannya dapat mencegah berbagai macam penyakit seperti sembelit, radang tenggorokan dan penyakit lainnya.

  • Melakukan olahraga

Meskipun sedang berpuasa, tidak ada alasan bagi seseorang yang tidak melakukan olahraga. Olahraga yang Anda lakukan sangat bermanfaat untuk mencegah tubuh terserang dari berbagai macam penyakit salah satunya yaitu sembelit. Olahraga tepat saat berpuasa dapat Anda lakukan 1 jam sebelum berbuka puasa ataupun setelah sholat tarawih. Tidak perlu melakukan olahraga fisik yang terlalu berat, Anda dapat melakukan olahraga ringan seperti peregangan otot, berjalan kaki, bersepeda ataupun olahraga menggunakan treadmill di rumah.

  • Mengonsumsi makanan berserat

Cara mengatasi sembelit selanjutnya adalah dengan cara mengonsumsi makanan berserat. Mengonsumsi makanan berserat tinggi, adalah salah satu cara yang paling efektif untuk mengatasi masalah yang satu ini. Makanan yang kaya akan serat dapat Anda temukan pada buah-buahan, seperti apel, jeruk, alpukat, kiwi, stroberi, melon, semangka dan lainnya. Serta sayuran yaitu kol, brokoli, jangung, kacang hijau, kacang polong, bayam dan lainnya. Kandungan serat yang ada pada buah dan sayur tersebut bermanfaat untuk melancarkan pencernaan sehingga dapat mengatasi sembelit ataupun konstipasi.

Solusi terbaik dengan minum air yang cukup , makan – makanan berserat , istirahat yang cukup dan berolahraga yang ringan. Solusi untuk makanan berserat dapat menggunakan herbal serat alami dengan Fiforlife

Apa itu Fiforlife selengkapnya !!!