Cara atasi Sembelit/ Konstipasi saat puasa

Penyebab dan Cara Mengatasi Sembelit saat Puasa

 

SEMBELIT atau konstipasi sering dirasakan oleh mereka yang berpuasa. Gejala ini akan lebih meningkat di awal Ramadhan.  Susah buang air besar ketika menjalankan ibadah puasa memang sering kali menjadi masalah yang banyak dialami oleh setiap orang khususnya bagi mereka yang menjalankan puasa. Hal itu dikarenakan oleh kondisi tubuh dan usus mengalami kekurangan cairan sehingga kotoran dalam usus menjadi susah untuk keluar. Kondisi tersebut memang harus segera Anda tangani, jika tidak maka akan berdampak buruk bagi kesehatan yang lainnya.

Penanganan sembelit sebaiknya disesuaikan dengan penyebabnya. Maka Anda perlu tahu apa saja yang dapat menyebabkan seseorang mengalami sembelit. Berikut penyebab sembelit yang dapat Anda alami

Kurang serat

Makanan yang kaya serat dapat meningkatkan kemampuan gerak peristaltik usus, dan membuat dinding usus lebih mengembang. Sehingga sisa makanan dapat melewatinya dengan mudah, dan tidak perlu berlama-lama ada di dalam usus. Kurang serat tentu saja dapat menyebabkan sebaliknya.

Penyumbatan usus besar

Penyumbatan pada usus besar atau rektum dapat memperlambat atau menghentikan gerakan feses. Beberapa hal yang dapat menyebabkan terjadinya hal tersebut adalah kanker usus besar, kanker rektum, dan gangguan pada perut yang dapat menekan usus besar.

Gangguan usus

Gangguan lain pada usus yang menyebabkan terjadinya sembelit adalah adanya gangguan fungsi otot pada usus. Sehingga usus tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik.

Kurang cairan

Cairan dapat berfungsi untuk melarutkan zat-zat makanan dan mengangkut sisa makanan ke dalam sistem pembuangan tubuh. Bila tubuh dalam kondisi dehidrasi, maka sisa makanan akan sulit terbawa ke sistem pembuangan tubuh.

Konsumsi produk susu

Terlalu banyak mengonsumsi susu dan produk olahannya, seperti keju dan es krim dapat menyebabkan sembelit, apalagi bila Anda tidak mengonsumsi buah dan sayur. Susu diketahui dapat memperlambat proses pencernaan Anda karena mengandung serat yang sedikit.

Menahan buang air

Bagi Anda yang sering menahan buang air besar, sebaiknya Anda segera menghilangkan kebiasaan tersebut. Semakin lama Anda menahan buang air besar, maka feses akan semakin lama berada di dalam usus, sehingga membuatnya menjadi keras dan kering.

Bukan tanpa sebab, jeda waktu antara makan sahur dan berbuka memicu organ dalam saluran pencernaan memiliki waktu istirahat yang sangat lama. Kondisi tersebut akan menyebabkan daerah usus tidak berkontraksi, sehingga menimbulkan sembelit atau gejala susah buang air besar.

Sembelit selama puasa adalah kondisi normal, namun jika berkepanjangan bisa memicu timbulnya komplikasi. Untuk mencegahnya, tambahkan lebih banyak serat pada makanan sahur ataupun berbuka yang Anda santap. Selain itu, minum cairan sebanyak mungkin di luar waktu berpuasa sehingga tubuh Anda tidak merasa perlu menghemat air lebih banyak untuk proses pencernaan. Ada baiknya, hindari teh dan kopi karena minuman berkafein ini bersifat diuretik ringan yang menyerap cairan tubuh, begitu juga tanin sehingga berpotensi memperburuk sembelit.
Makanan yang dapat membantu meringankan sembelit.

Makanan berserat tinggi dan mengandung banyak air. Konsumsi makanan mengandung serat larut sehingga waktu transit di tubuh Anda lebih cepat, seperti sereal bekatul, roti gandum, kacang-kacangan dan biji-bijian, apel, dan kulit kentang.

Berikut Cara atasi sembelit saat puasa :

1. Banyak Minum Air Putih

Di saat buka hingga sahur,  mungkin lupa meminum banyak air putih karena merasa sudah kenyang dengan takjil dan makanan yang berlimpah. Tapi minum air putih 8-9 gelas setiap hari selama puasa adalah wajib!

Tetap perhatikan asupan air dalam tubuh Anda. Cukupnya konsumsi air, terlebih air putih akan membuat usus tetap berkontraksi dan menjaga tubuh tetap terhidrasi.

2. Perbanyak Buah dan Sayuran Berserat

Penyebab sembelit yang utama adalah kurangnya serat. Walaupun minum air cukup, sembelit tetap akan datang jika tidak mengkonsumsi serat yang cukup selama berpuasa.

Makanan yang banyak mengandung serat akan sangat membantu Anda terhindar dari konstipasi. Serat banyak terdapat pada buah seperti kol, brokoli, jagung, kacang polong, kacang hijau, serta kacang-kacangan pada umumnya. So, mulai saat ini jangan hanya makan nasi dengan lauk pauk seperti daging atau ikan saja. Pilihlah makanan yang dapat memenuhi kebutuhan serat Anda.

3. Pilih Puding Atau Agar-Agar untuk Takjil

Puding merupakan takjil yang direkomendasikan untuk mencegah sembelit karena terbuat dari rumput laut. Tambahkan vla jika Anda gemar menyantap puding dengan cara yang manis.

Kalau kurang suka sayuran atau buah, puding dan agar-agar bisa dijadikan solusi. Kebanyakan terbuat dari rumput laut yang selama ini dikenal sebagai sumber serat yang baik. Saat dimakan untuk menu berbuka puasa, makanan ini bisa mengembalikan fungsi pencernaan yang sebelumnya beristiahat.

4. Hindari Kafein Saat Berbuka Maupun Sahur

Apakah Anda  gemar meminum kopi atau teh di saat buka puasa? Sebaiknya kebiasaan itu dihindari selama sembelit karena ternyata kedua minuman ini dapat memperparah sembelit!

Hindari minuman manis seperti teh dan kopi saat sahur. Kopi tersebut mengandung kafein yang bersifat diuretik (menyerap cairan tubuh). Begitu juga tanin yang terkandung pada teh dapat berpotensi memperburuk sembelit.

5. Selingi Dengan Olahraga Ringan

Di bulan puasa orang-orang cenderung mengurangi bahkan menghapus kegiatan olahraga. Tapi hal itu justru mengakibatkan metabolisme tubuh menurun yang berujung pada sembelit.

Ada baiknya Anda melakukan beberapa gerakan olahraga pada saat menjelang berbuka puasa. Tak harus olahraga berat, beberapa olahraga ringan akan efektif menghindarkan Anda dari sembelit. Kalau Anda tipe orang yang mudah mengeluarkan cairan tubuh (berkeringat), berjalan kaki atau naik turun tangga selama beberapa menit cukup untuk memperlancar metabolisme dalam tubuh.

Kami punya solusi aman dan ga pakai ribet untuk Anda yang sering sembelit dan susah buang Air besar yaitu dengan Fiforlife dan Jelly gamat Luxor 

Baca juga !

Awali puasa anda dengan fiforlif

Apa itu Fiforlife ? 

  • FIFORLIF untuk kebutuhan serat saat puasa . FIFORLIF (Fiber For Our Life) adalah minuman jus yang kaya akan serat dan bernutrisi tinggi. Sangat bagus detoks tubuh sebelum melakukan diet. Membentuk dan  menormalkan kembali sistem pencernaan, sebagai produk pendamping diet, sehingga perut gendut menjadi lebih langsing.Fiforlif membantu menjawab akan kesehatan saluran pencernaa khususnya usus (colon). Kandungan serat yang cukup tinggi dan seabrek manfaat dari buah GOJI BERRY (WOLF BERRY), aneka buah dan sayuran sehat bernutrisi tinggi. Fiforlif sebagai sarana efektif untuk membuang toksin (racun) dan karsinogen yang menumpuk bertahun-tahun juga sangat bagus menutrisi tubuh sehingga kesehatan pencernaan tetap terjaga dengan baik

FIFORLIF Tidak Hanya Memberi Efek KENYANG saja, Tapi Sekaligus Mencukupi Kebutuhan Vitamin, Buah & Sayuran Saat menjalankan Ibadah Puasa.

Dan Yang Paling Penting! FIFORLIF akan mendetox (membuang Lemak, Racun & Karsnogen yang ada di Usus Besar), menjadikan tubuh akan terasa segar dan sehat sepanjang hari selama melaksanakan puasa di bulan Ramadhan, karena nutrisi yang dibutuhkan tubuh terpenuhi secara sempurna.

Berikut keuntungan dengan konsumsi rutin setiap hari fiforlife untuk kebutuhan serat harian Anda di saat puasa :

  1. Nutrisi tubuh terjaga

  2. Detoksifikasi tubuh lebih powerfull

  3. Mengeluarkan jamur/parasit lebih banyak

  4. Membuang lebih banyak kolesterol jahat dan mengatur kadar gula dalam darah

  5. Membuang sisa makanan menahun (karsinogen) lebih banyak dan cepat

  6. Menurunkan berat badan lebih cepat

  7. Mengembalikan fungsi saluran pencernaan menjadi normal

     

Manfaat FIFORLIF

  • Membantu mengeluarkan racun sisa kotoran lama (karsinogen) yang menempel di dinding usus besar
  • Membantu melancarkan buang air besar dan menjaga kesehatan saluran pencernaan
  • Membantu mengatur kadar gula darah dan menurunkan kadar kolesterol
  • Membantu menurunkan berat badan dan merampingkan perut

Disclaimer: Hasil dapat berbeda-beda pada tiap individu tergantung berbagai faktor seperti metabolisme tubuh, kondisi tubuh, histori penyakit, berat badan dll. Informasi tentang manfaat Fiforlif di atas harap digunakan hanya sebagai referensi.

Kandungan FIFORLIF

Dengan perpaduan bahan-bahan yang telah digunakan sejak zaman dahulu dan dengan kualitas terbaik, Fiforlif sangat tepat untuk membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan, khususnya colon (usus besar) Anda melalui proses detoksifikasi dan juga memberikan nutrisi tinggi untuk tubuh Anda. Fiforlif juga mengandung Goji Berry dan Vitamin Premix yang juga sangat baik untuk membuat organ tubuh kembali bekerja dengan baik.

Apa Bedanya FIFORLIF dengan Produk Sejenis dipasaran?

Fiforlif adalah minuman praktis all in one. Semua kebutuhan penting tubuh jadi dikemas satu. Ada Goji Berry, Psyllium Husk; Soluber; Prebiotik; Premix Vitamin; Buah Bit Merah dll Anda akan sulit menemukan produk sekomplit ini.

Detoks Nyaman dan aman. Mendengar kata detoks, pasti dalam pikiran kita adalah rasa tidak nyaman, pahit dll. Tapi kini dengan Fiforlif, Anda akan mengalami detoks dengan minuman jus rasa yang enak dan nyaman.

Harga Terjangkau: Dibandingkan dengan nilai kandungan bahan yang ada di dalam segelas jus Fiforlif, harga Fiforlif saat ini merupakan harga yang cukup terjangkau. Anda bisa membayangkan mendapatkan semua bahan herbal tersebut satu per satu, tentulah sangat mahal.

Praktis & Efisien: Anda mungkin bisa membuat jus buah sendiri di rumah satu per satu bahan, tapi bagaimana kalau sedang di perjalanan? Di kantor? Fiforlif hadir dengan kemasan yang sederhana, tinggal tuang dan aduk dengan air putih, maka tubuh Anda sudah mendapat nutrisi yang luar biasa dengan cara amat praktis.

Legalitas Lengkap: Bukan hanya dari BPOM RI MD 867 028 010 341, Fiforlif juga mendapat sertifikasi HALAL resmi dari Majelis Ulama Indonesia (MUI), sertifikat dari Good Manufacturing Practise (GMP), juga dari Hazard Analysis Critical Control Point (HACCP). Semuanya untuk memastikan konsumen mendapatkan produk yang resmi, berkualitas, halal, aman dan berstandar internasional.

Rekomendasi Pakar: Konsultan kesehatan perusahaan Boyke Dian Nugraha juga merekomendasikan secara resmi produk kesehatan yang bagus ini. Jadi tunggu apalagi?

Apa itu Jelly gamat ? 

JELLY Gamat merupakan suplemen nutrisi dalam bentuk jelly untuk kebutuhan kesehatan dan nutrisi dlm tubuh dengan kandungan utama teripang laut. Kandungan Dan Manfaat Jelly Gamat Luxor

1. Protein 86,8 % Mengandung asam amino esensial & non esensial yang diperlukan oleh sel tubuh untuk pembentukan sel baru Membantu memperbaiki jaringan sel yang rusak Berperan dalam pembentukan antibodi Berperan dalam pembentukan enzim dan hormon dalam tubuh

2. 80% kolagen Memperbaiki sistem pencernaan, menjaga lambung Membantu pertumbuhan jaringan kulit, otot, dan tulang Menghambat penuaan dini,mempercantik kulit Meningkatkan sistem imunitas tubuh

3. Mucopolysacarida Meningkatkan pergerakan jaringan tulang rawan pada persendian Merangsang pembentukan cairan sendi/sinofal dan meredakan linu Menjaga keenceran darah Membantu meredakan stress dan insomnia

4. Condroitin Sulfat dan Glukosamin Berperan dalam penumbuhan & perbaikan jaringan tulang rawan yang rusak Membantu mengatasi masalah arthritis dan gangguan persendian Mencegah inflamasi sendi & tulang Anti osteoarthritis

5. Omega 3 Menurunkan kolesterol LDL dan menaikan HDL Mengatur transmisi sistem impuls syaraf Mengurangi kekentalan darah Mengurangi resiko terkena serangan jantung

6. Mineral Zat besi : Membantu pembentukan sel darah merah Zinc : Berperan dalam produksi insulin dan sperma Magnesium : membantu kerja sistem syaraf dan fungsi jantung Cromium : Meningkatkan kualitas fungsi insulin untuk menjaga kadar gula darah Selenium : Antioksidan, Meningkatkan daya tahan tubuh

7. Bio Active Element Membantu regenerasi sel-sel baru dan mempercepat penyembuhan luka, seperti luka lambung dan maag. Holothurin yang bekerja seperti Antimicyn sebagai antiseptik alamiah dan antikanker Legalitas Jeli Gamat Luxor Jelly gamat sudah mendapat nomer registrasi dari badan POM Indonesia yaitu sbb: POM TI 074.625.481

Dengan kedua herbal tersebut niscaya kebutuhan serat terpenuhi dan dapat mengatasi masalah lambung dan pencernaan Anda . Pastikan sediakan Jelly gamat luxor dan Fiforlife untuk kebutuhan puasa Anda dan keluarga .

Bagi Anda yang berminat silahkan langsung hubungin CS kami untuk order dan pemesanan.Langsung hubungin CS VIA Telphon / WA / SMS / BBM .